digital-tablet-with-Smart-city-with-smart-services-and-icons-internet-of-things-networks-and-augmented-reality-concept-1080x675

Dampak Teknologi Bagi Kehidupan Sosial

Masyarakat dan lingkungan sosial adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam ilmu sosiolog, dikemukakan bahwa manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, manusia harus saling berkomunikasi dan berinteraksi langsung antar sesama.

 

Apakah kalian tau bahwa faktanya teknologi mempengaruhi cara kita dalam berkomunikasi, belajar, dan berpikir? Hal ini membantu kita sebagai orang awam yang hanya mengikuti teknologi seiring perkembangan zaman dapat beradaptasi dengan lebih mudah karena adanya interaksi dengan orang lain yang serignya melibatkan teknologi. Teknologi memainkan peran penting dalam masyarakat saat ini. Efek positif dan negatif pada teknologi ini sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari kita. Mengapa demikian? Karena kita hidup di era di mana kemajuan teknologi adalah umum. Internet dan ponsel adalah contoh teknologi yang kita gunakan setiap harinya. Namun, dengan kemajuan teknologi, ada juga dampak negatifnya. Mari kita simak bersama.

 

Dengan semakin canggihnya perkembangan teknologi yang ada, semakin banyak pula dampak yang diakibatkan dari perkembangan teknologi tersebut. Perkembangan teknologi tersebut menghasilkan berbagai macam hal yang kita gunakan saat ini seperti gadget, smartphone, bahkan aplikasi-aplikasi yang telah banyak digunakan saat ini. Perkembangan teknologi tersebut ada yang berdampak positif namun ada pula yang berdampak negatif.

 

Dampak positif dari perkembangan teknologi tersebut adalah dengan adanya smartphone dan gadget. Kita dapat dengan mudah bekomunikasi dengan keluarga, kerabat, teman, dan orang lain hanya dengan melalui smartphone dan gadget. Kita juga dapat dengan lebih mudah mengakses internet, sehingga pengguna internet pun semakin bertambah. Menurut data terbaru dari We Are Social, pengguna internet aktif di seluruh dunia kini mencapai angka 3,7 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet bertumbuh hingga 7,6 persen. Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan smartphone. Menurut laporan yang sama, pengguna media sosial aktif kini mencapai 2,2 miliar, sedangkan pengguna smartphone mencapai 3,7 miliar. Hal yang menarik adalah pertumbuhan yang paling signifikan ditunjukkan oleh pengguna yang mengakses media sosial melalui smartphone.

 

Dampak negatif dari perkembangan teknologi antara lain dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari dimana setiap hari kita tidak akan terlepas dari gadget dan smartphone yang selalu kita gunakan hampir setiap saat, sehingga kita cenderung tidak peduli dengan apa yang ada di sekitar kita. Bahkan saat ini banyak orang tua yang lebih fokus dan mementingkan gadget dan smartphone dibandingkan anak mereka sendiri sehingga komunikasi dalam keluarga tersebut menjadi terhambat. Selain itu, pengguna gadget dan smartphone pun memiliki dampak bagi kesehatan akibat dari radiasi yang ditimbulkan dari gadget dan smartphone dimana dapat menimbulkan penyakit seperti kanker. Pengguna sosial media pun memiliki dampak negatif dimana kita lebih sulit untuk bersosialisasi dengan orang sekitar karena lebih sering menggunakan sosial media untuk berkomunikasi, lebih mementingkan diri sendiri dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar, terhambatnya tugas atau pekerjaan karena lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain sosial media, penipuan dalam bisnis online, kejahatan dunia maya dan dampak negatif lainnya.

 

Teknologi terus menerus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Perkembangan teknologi menjadikan teknologi semakin canggih. Perkembangan teknologi masing-masing memiliki dampak positif dan dampak negatif. Apakah Anda memiliki sisi pandang lain mengenai dampak dari teknologi sendiri? Silahkan komen dibawah! (Jess)

 

Leave a Comment