teknologi

5 Inovasi Yang Berhasil Mengubah Dunia

Selama lima tahun ke belakang, kita telah melihat sejumlah inovasi teknologi yang telah dampak terbesar dan bahkan mengubah dunia. Selain Silicon Valley, berbagai perusahaan besar hingga startup di seluruh dunia berkompetisi mengatasi masalah besar seperti kelangkaan air dan mengobati penyakit kanker. Tapi tahukah kalian, bahwa Inovasi yang besar dimulai dari pemahaman kita terhadap kondisi lingkungan sekitar? Berikut 5 inovasi pilihan Metrocom yang dapat memberimu inspirasi perubahan dunia.

1. Reusable Rockets
Di masa lalu, eksplorasi ruang angkasa sangat mahal dan tidak efisien. Satu peluncuran biaya antara $ 100 hingga $ 300 juta. Tetapi roket terbang hanya sekali sebelum terbakar selama jatuh bebas kembali melalui atmosfer Bumi. Perusahaan seperti SpaceX, Blue Origin, dan United Launch Alliance mengubah permainan dengan mengembangkan roket bermanuver tepat yang dapat mendarat dengan aman. Pencetakan 3D bagian roket dan alternatif gas alam cair untuk bahan bakar roket akan mengurangi biaya juga. Segera, roket akan dapat digunakan kembali dan perjalanan ruang angkasa akan menjadi jauh lebih terjangkau.

2. Autonomous Driving
Apakah kita menyadari berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bepergian dalam seminggu? Mobil self-driving sudah ada dan semua orang berlomba untuk mendominasi pasar. General Motors baru saja mengakuisisi Cruise Automation dengan harga lebih dari $ 1 miliar dan layanan ride-hailing seperti Uber dan Lyft berinvestasi besar-besaran. Bahkan peretas garasi seperti George Hotz menempatkan putaran mereka sendiri pada industri. Kita tidak perlu lagi mengeluh merasa pegal saat menyetir dalam keadaan macet!

3. Rapid adaptation of renewable energy
Rumornya, Solarcity Gigafactory di Buffalo, New York akan memproduksi hingga 10.000 panel surya per hari. Ini akan merevolusi industri energi alternatif dan membuat energi matahari jauh lebih terjangkau. Energi terbaru ini akan menarik perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia ketika mereka berusaha untuk menyelesaikan krisis energi global. China telah mengusulkan jaringan energi global $ 50 triliun pada tahun 2050. Inovasi ini adalah sistem yang cepat dan efisien untuk menghasilkan teknologi energi terbaru dalam skala global.

4. Ridiculously fast internet
Hari-hari modem dial-up sudah lama hilang dan internet adalah bagian besar dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, inovasi sedang berlangsung. Google Fiber menyediakan kecepatan internet hingga 1 gigabite per detik (100 kali lebih cepat daripada Wi-Fi biasa) dan sudah tersebar di Li-Fi AS menggunakan komunikasi cahaya yang terlihat untuk mengirimkan data dengan kecepatan hingga 224 gigabite per detik (lebih dari 200 kali lebih cepat daripada Google Fiber) dan merupakan konsep yang terbukti. Bahkan Wi-Fi menjadi pasif, menggunakan daya 10.000 kali lebih sedikit. Segera, masalah koneksi internet akan menjadi masa lalu dan “Internet of Things” akan menghubungkan perangkat rumah tangga, sensor yang dapat dikenakan dan teknologi lain di seluruh dunia.

5. Online DNA Analysis
Helix, Illumina dan Veritas Genetics akan memungkinkan kita untuk menganalisis genetika kita secara online. Kita akan memahami kecenderungan kita untuk mendapatkan penyakit tertentu, dan bahkan menjelaskan mengapa beberapa dari kita mendambakan permen lebih dari yang lain. Ini semua adalah bagian dari upaya untuk demokratisasi data genomik dan memberi individu wawasan tentang kesehatan mereka. Genetika Konsumen akan menjadi model bisnis revolusioner yang memungkinkan orang membayar sejumlah kecil uang untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri mereka sendiri.

Inovasi diatas sangatlah mengguncang dunia bukan? Kita akan sangat dimudahkan dalam beraktivitas sehari-hari. Apakah anda sudah siap dengan semua inovasi baru ini? Komen dibawah! Kami ingin tau pendapat Anda. (Jess/Ita)

Leave a Comment