6ef086e5-a3b7-4c0e-a167-e2c33d496ef4_169

Manfaatkan Teknologi Untuk Silahturahmi

Lebaran tahun kemarin dan juga tahun ini terasa berbeda karena kita semua diharuskan untuk tetap berada di rumah untuk  meminimalisir adanya kontak secara langsung demi memutus rantai penyebaran virus. Lebaran selalu menjadi momen yang dinanti – nanti untuk berkumpul dengan keluarga besar dan mengunjungi kerabat serta sahabat, namun sudah 2 tahun kita tidak bisa melakukan kebiasaan itu. Namun jangan sampai hal ini membuat kita kehilangan momen lebaran. Caranya adalah memanfaatkan teknologi yang ada.

Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442H, ada baiknya kita untuk menyiapkan diri dan mengetahui cara bersilaturahmi lewat dunia digital. Berikut sejumlah aplikasi dan layanan digital yang dapat dimanfaatkan menjelang dan pada saat lebaran, antara lain :

  1. Aplikasi kartu ucapan Lebaran

Kartu Lebaran umumnya dikirimkan kepada relasi, teman dan saudara menjelang lebaran. Pengiriman kartu lebaran melalui kantor pos biasanya mulai ramai dua pekan sebelum lebaran. Pada saat PSBB seperti sekarang ini, kita dapat memanfaatkan kartu lebaran digital untuk mengirim ucapan hari raya kepada keluarga atau kerabat. Melalui kartu ucapan digital ini, kita bisa mendesain sendiri kartu ucapan Lebaran dengan beberapa aplikasi. Contoh aplikasinya adalah Picsart, Photo grid, VSCO, dan bahkan kita bisa menggunakan Instagram untuk mendesainnya. Kita dapat menyisipkan foto dalam kartu ucapan yang sudah kita desain sendiri. Atau menambahkan aksen masjid, ketupat, dll yang pastinya berhubungan dengan lebaran. tersebut. Setelah kita mendesain kartu ucapan lebaran lewat aplikasi di atas, kita bisa mengirimkannya melalui Facebook, Twitter, WhatsApp dan aplikasi sosial media lainnya.

 

  1. Stiker/GIF

Jika kartu ucapan Lebaran dirasa terlalu kaku, kita juga bisa menggunakan cara lain untuk bersilaturahmi dengan saling berkirim stiker maupun GIF di aplikasi pesan instan atau di media sosial milik kita. Salah satunya, lewat Instagram. Kita dapat memanfaatkan GIF yang tersedia. Tinggal ambil atau pilih foto atau video yang diinginkan, kemudian klik ikon GIF. Setelah itu, ketik “lebaran” atau “Idul Fitri” pada kolom pencarian, untuk mendapatkan GIF dengan tema tersebut. Selanjutnya, kita dapat mengunggahnya di Instagram untuk konten story dengan menyertakan akun teman-teman kita. Cara lainnya, kita juga bisa menyimpan hasil yang sudah kita edit, lalu dibagikan pada obrolan grup dalam platform instan atau dikirim secara personal. Selan itu, kita juga dapat memanfaatkan stiker di WhatsApp untuk bersilaturahmi. Jika stiker di WhatsApp dirasa kurang bertema lebaran, kita dapat mengunduh aplikasi stiker khusus bertema lebaran di Play Store.

 

  1. Panggilan video dan telfon

Jelas tidak ada yang menggantikan pengalaman bersilaturahmi secara tatap muka. Meski saat ini tidak dapat dilakukan secara langsung, kita bisa melakukannya secara virtual dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi dan layanan dari perusahaan teknologi. Sejumlah perusahaan raksasa mengembangkan layanan konferensi videonya selama pandemi, melihat peningkatan penggunaan yang signifikan karena orang-orang harus berada di rumah guna memutus rantai penyebaran virus, yang tentunya dapat kita manfaatkan saat lebaran. Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi adalah WhatsApp. WhatsApp mudah digunakan dan relatif semua orang memiliki aplikasi tersebut. Facebook telah memperbarui jumlah peserta video call WhatsApp dari 4 orang menjadi 8 orang, sehingga dapat digunakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Jika kita ingin bersilaturahmi dengan keluarga besar, maka Google Duo bisa menjadi alternatif. Bahkan tahun lalu, Google telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan videonya dari delapan menjadi 12 orang. Kita juga dapat menggunakan aplikasi konferensi video Zoom, tapi perlu diingat bahwa batas untuk panggilan grup hanya 40 menit. Untuk membuat ruang percakapan di Zoom cukup mudah, kita harus mengeluarkan biaya. Selain beberapa aplikasi tersebut, baru-baru ini, platform pesan instan LINE juga menambah kapasitas peserta panggilan video hingga 200 orang dan mungkin aplikasi ini juga bisa jadi salah satu pilihan bagi Anda.

 

Teknologi bisa menjadi alternatif kita. 3 poin diatas akan membantu kita dalam menjalankan silahturahmi pada lebaran tahun ini. Jangan sampai kehilangan moment lebaran kamu ya! (Jess)

Leave a Comment