Jasa-IT-Solution-dan-Odoo-ERP-1-OK

4 Strategi Efektif Untuk Mengatur Keuangan Bisnis Perusahaan Anda.

Bagi para pelaku bisnis, pengelolaan keuangan yang baik dan efektif adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Meskipun skala bisnis kita masih tergolong bisnis pemula, kita tetap harus memiliki perencanaan dan proyeksi keuntungan bisnis yang bisa diperoleh. Kita harus jeli melihat peluang dan memiliki strategi yang baik agar arus kas pengeluaran tidak melebihi pendapatan alias defisit.

 

Masih banyak pelaku bisnis pemula yang kurang jeli dalam aspek pencatatan, sehingga tanpa disadari bisnis berjalan dalam kondisi kritis karena modal tidak berputar dan pemasukan tidak sesuai dengan ekspektasi. Pengelolaan keuangan bisnis secara efektif dan benar, akan membuat usaha semakin maju bahkan kita bisa menghindari hutang untuk mendapatkan modal. Lalu apa saja strategi yang baik dan efektif untuk mengelola keuangan bisnis secara tepat dan sehat? Mari kita simak!

 

  1. Memaksimalkan Anggaran Perusahan

Akuntan perusahaan haruslah bertindak sebagai pengawas penggunaan uang perusahaan. Anggaran yang digunakan untuk kegiatan yang tidak menguntungkan perusahaan dapat dihilangkan dan digunakan / dialokasikan untuk kegiatan lain. Melalui kebijakan yang tepat, pengaturan ini bisa memaksimalkan keuntungan perusahaan dari berbagai sumber daya yang dimiliki.

 

  1. Meningkatkan Efisiensi

Pengaturan keuangan yang baik akan meningkatkan efisiensi perusahaan. Penyaluran dana pada aspek yang tepat pun juga akan membuat perusahaan dapat bertahan lebih lama dalam persaingan bisnis yang kompetitif. Keputusan yang berhubungan dengan keuangan harus dilakukan secara hati-hati karena kesalahan kecil pun bisa membuat perusahaan bangkrut. Kita harus tau kapan saat yang tepat untuk mengurangi biaya tertentu dan juga untuk menambah anggaran.

 

  1. Menjaga Arus Kas

Manajemen keuangan yang baik juga akan membuat arus kas tetap terjaga. Tidak memungkinkan bila nantinya akan ada dana pasti yang harus dikeluarkan perusahaan setiap harinya, misalnya untuk biaya antar dokumen, biaya transport karyawan ke client, dan pembayaran lainnya. Pengeluaran ini harus selalu diperhatikan untuk menghindari adanya overbudget yang pastinya akan merugikan perusahaan.

 

  1. Mengurangi Resiko Perusahaan

Dengan memanajemen keuangan yang baik, resiko perusahaan akan dapat diminimalisir. Seluruh kegiatan operasional dan non-operasional perusahaan akan termonitor dengan baik. Resiko yang muncul dalam bisnis pasti akan bisa disikapi dengan keputusan yang tepat jika ditangani dengan manajemen keuangan yang baik.

 

Keempat strategi di atas dapat membantu kita dalam mengelola keuangan bisnis secara perlahan tapi pasti. Untuk mempermudah pengelolaan keuangan, kita dapat menggunakan Odoo – software ERP (Enterprise Resource Planning) yang berperan untuk membantu manajemen keuangan, akuntasi, hingga mengkonsolidasi data secara akurat.

Aplikasi akuntansi Odoo telah berkolaborasi dengan pakar akuntansi internasional dalam membuat fungsi-fungsi manajemen keuangan secara tepat. Beberapa keunggulan system akuntansi berbasis Odoo adalah,

  1. Sistem keuangan Odoo telah dilengkapi fungsi E-Faktur yang dapat melokalisasi perhitungan perpajakan sesuai dengan peraturan di Indonesia. Bagi Anda yang telah memiliki bisnis berskala besar, fungsi e-faktur ini akan sangat bermanfaat dalam mengeset invoice dengan nomor faktur dengan Nomor Seri Faktur Pajak yang sudah didapatkan dari kantor pajak untuk keperluan export file ke Aplikasi E-Faktur DJP. Dan semuanya sudah serba otomatis!
  2. Kepraktisan dalam melakukan proses invoice dan billing, seperti membuat faktur dan penagihan secara professional, mengelola tagihan, hingga melacak pembayaran dengan cepat dan mudah.
  3. Keamanan dalam pembayaran tagihan, dan juga cepat menggunakan metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan client.
  4. Sistem manajemen keuangan berbasis Odoo juga dapat mencocokkan laporan bank dengan pencatatan keuangan di bisnis kita, sekaligus mencocokkan faktur atau dokumen pembayaran lainnya dengan rekening koran kita.
  5. Penyajian laporan performa keuangan bisnis secara realtime, mulai dari laporan pendapatan, neraca hingga arus kas.
  6. Yang tidak kalah penting, aplikasi akuntansi Odoo ini juga dapat terintegrasi secara otomatis dengan aplikasi lainnya. Bahkan kita juga dapat mengintegrasikan semua transaksi e-commerce di akun kita, mulai dari penjualan, pembayaran, refund, hingga pengiriman barang.

Tidak hanya menyediakan system akuntasi berbasis Odoo saja, Metrocom Jaddi Technology juga menyediakan tenaga implementator yang ahli dan kompeten. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi contact center kami di +62 811-1911-9658 . (jess/ita)

 

Leave a Comment