whatsapp

Kebijakan Whatsapp Baru Yang Perlu Kita Ketahui

WhatsApp yang kita kenal sebagai aplikasi chatting dan komunikasi ini baru saja memperbarui kebijakannya pada 15 Mei 2021 kemarin. Jika pengguna menolak atau belum mengupdate kebijakan tersebut, dipastikan tidak bisa menerima dan mengirim pesan.

Perusahaan mengumumkan bahwa tidak ada yang akan kehilangan fungsionalitas aplikasi karena pembaruan kebijakan privasi. Namun, layanan pada aplikasi mungkin terbatas. Oleh pihak WhatsApp, pengguna hanya diberi waktu beberapa minggu saja setelah tanggal 15 Mei 2021 untuk menyetujui kebijakan baru. Jika dalam waktu persetujuan kebijakan ini pengguna tak segera update WhatsApp, pengguna akan dinonaktifkan sepenuhnya oleh WhatsApp.

Seperti yang kita ketahui pada tanggal 8 Februari 2021 silam, persoalan mengenai pembaruan aplikasi ini lumayan menjadi berita yang kontroversial. Melalui postingan blog, WhatsApp mengatakan aplikasinya masih dapat digunakan seperti biasa, karena perubahan yang dilakukan hanyalah pada akun bisnis saja. “Ada dua jenis akun bisnis: akun bisnis normal dan akun bisnis khusus yang menggunakan penyedia cloud,” bunyi postingan itu. Pihaknya menjelaskan WhatsApp Bisnis normal dapat beroperasi seperti melakukan obrolan biasa dengan akun pribadi. Namun pada akun WhatsApp bisnis yang menggunakan fitur cloud, detail obrolan digunakan untuk iklan bertarget di Facebook.

 

Berikut beberapa fitur yang tidak dapat digunakan jika pengguna tidak menerima Persyaratan Layanan:

  1. Pengguna tidak dapat update status dalam aplikasi.
  2. Anda tidak dapat meneruskan pesan dari obrolan ke obrolan lain
  3. Anda tidak dapat membuat grup baru, namun masih dapat ditambahkan dalam grup oleh pengguna lain.
  4. Anda tidak dapat mengutip pesan atau menyebut peserta dalam grup
  5. Pengguna tidak dapat mengirim pesan suara, stiker, dan jenis media lain dalam aplikasi.
  6. Anda tidak dapat mencadangkan riwayat obrolan.
  7. Anda tidak dapat mengekspor riwayat obrolan.
  8. Jika Anda pengguna iOS, maka Anda tidak dapat melihat media jika belum mengekspor sebelumnya. Untuk pengguna Android, Anda masih dapat melihat media dengan menggunakan Manajer File.

Pengguna masih dapat mempertimbangkan untuk menerima Persyaratan Layanan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp karena pihaknya tidak akan menghapus akun jika penggunanya tidak menerima persyaratan tersebut. Jika kita memutuskan untuk tidak menerima persyaratan layanan terbaru, maka Anda tidak akan menerima pesan dan panggilan, karena layanan perpesanan benar-benar dinonaktifkan.

“Satu-satunya cara untuk menggunakan WhatsApp dengan semua fiturnya adalah dengan menerimanya,” ujar WhatsApp. WhatsApp akan menghapus akun penggunanya dalam jangka waktu 4 bulan setelah pemberian prasyarat tersebut. Semua obrolan, pesan dan cadangan pesan akan dihapus secara permanen.

Jadi, apakah kamu sudah mengupdate fitur baru ini di aplikasi Whatsapp Business mu? (jess/ita)

Leave a Comment