WhatsApp Image 2020-08-06 at 15.39.06 (1)

Aplikasi Pendukung Bisnis Saat Norma Baru

Pandemi Covid-19 bukan penghalang bagi para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. Justru perusahaan semakin bersaing dalam inovasi untuk membuat perbedaan bisnis pasca-pandemi. Salah satu inovasi terbaru yang bisa diandalkan untuk menjaga kelangsungan bisnis adalah memanfaatkan kemajuan teknologi.

Salah satu bentuk dari teknologi yang memudahkan ini adalah aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, berbagai kebutuhan dapat terpenuhi dengan lebih mudah, nyaman, dan cepat. Sudah banyak aplikasi pendukung bisnis yang sangat mudah untuk dioperasikan di norma baru ini.

Lalu, fungsi aplikasi apa saja yang bisa mendukung bisnis saat norma baru?

  1. Kerja Jarak Jauh dan Rapat Virtual. Hal ini menjadi kebiasaan baru bagi para pekerja yang melakukan pekerjaannya dari rumah atau di luar kantor. Rapat online maupun konferensi bisa dilakukan melalui beragam platform pendukung, seperti Zoom, Google Meet, Teams, dll. Hal ini menjembatani tim di tempat berbeda untuk berkomunikasi dengan zona waktu yang berbeda pula.
  • Absensi Kehadiran Di Gawai. Hadirnya absensi di gawai ini sangat membantu perusahaan dalam memastikan kehadiran karyawan yang bekerja dari rumah atau tempat lain tanpa harus datang ke kantor. Perusahaan bisa memantau waktu, lokasi, dan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh karyawan setiap harinya.
  • Manajemen Performa Karyawan. Meningkatkan performa perusahaan menjadi tantangan tersendiri di norma baru ini, karena karyawan yang bekerja secara daring tetap harus dipantau performanya. Intelegensia buatan memungkinkan perusahaan mendeteksi adanya deviasi terhadap performa normal tiap individu, sehingga bisa segera dieskalasi ke manajer individu yang bersangkutan.

Ketiga fungsi aplikasi di atas merupakan aplikasi utama pendukung bisnis norma baru, yang bisa ditemukan di seluruh partner teknologi Anda. Berbekal ketiga fungsi tersebut, Anda akan lebih dimudahkan dalam operasional bisnis harian pada norma baru. Jadi, Anda tidak perlu memusingkan detail-detail kecil yang tidak penting. (jes/ita)

BACA JUGA:  Fitur aplikasi absensi yang dibutuhkan saat new normal

Leave a Comment