Gambar oleh Mudassar Iqbal dari Pixabay

6 Website Teknologi Terpercaya Yang Layak Dikunjungi

Seiring berkembangnya jaman, ada banyak berita teknologi yang perlu diketahui untuk membuat bisnis kita tetap berada di garda terdepan. Sumber informasi terkait perkembangan teknologi ini tersebar dimana-mana, salah satunya melalui website. Lalu, situs website mana yang bisa Anda percaya?
Untuk memudahkan, kami merekomendasikan 6 situs website teknologi terpercaya yang dapat membantu Anda untuk mengikuti perkembangan teknologi secara konstan.
Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai!

  1. Ars Technica

Kami menempatkan Ars Technica pada daftar pertama, karena situs ini merupakan website teknologi tertua di dunia. Selama lebih dari dua dekade, Ars Technica berhasil mempertahankan eksistensinya menyajikan informasi industry teknologi dari sisi bisnis, hukum, keamanan, dan kepentingan konsumen lainnya.
Menariknya lagi, Ars Technica tidak hanya menyampaikan informasi satu arah. Pembaca juga dapat saling berinteraksi satu sama lain melalui forum Ars Technica. Mereka bisa diskusi banyak hal, mulai dari perangkat keras, perangkat lunak, system operasi hingga permainan (game) terbaru. Seru kan?
Ars Technica telah menjadi layanan langganan berbayar sejak 2001, dan pendapatan terbesar mereka saat ini berasal dari iklan online. Meskipun sempat menimbulkan kontroversi di tahun 2009 karena mencegah pembaca yang menggunakan software pemblokir iklan, sampai saat ini Ars Technica tetap menjadi situs website terpercaya di dunia.

2. Wired


Jika Anda suka dengan berita teknologi berbobot tapi santai, Wired merupakan pilihan yang tepat. Wired adalah situs website teknologi yang terlahir dari sebuah majalah. Pada tahun 1990 situs website ini resmi diakuisisi oleh Conde Nast Publishing dan resmi berpisah dari majalah Wired.
Wired menyajikan berita hiburan, opini, bisnis, keamanan elektronik serta cara implementasinya dalam kehidupan sehari-hari dengan gaya bahasa yang ringan. Banyak informasi menarik untuk disimak, seperti Donald Trump yang diblokir oleh Twitter, peluncuran pesawat ulang alik Space X, hingga bagaimana cara peretas mencuri data rahasia perusahaan.

3. TechCrunch

Situs website dengan lebih dari 50.000 kontributor aktif ini menyuguhkan berita terkini seputar perusahaan teknologi informasi, mulai dari perusahaan rintisan hingga perusahaan besar sekelas NASDAQ-100. Kita akan menemukan banyak publikasi yang menyoroti sisi bisnis dari inovasi teknologi, akuisisi perusahaan, investasi bisnis, dan peluncuran produk.
Salah satu bagian Tech Crunch yang paling menarik adalah Crunch Base, database besar berisi data perusahaan teknologi dan startup. Setiap profil Crunch Base memberikan informasi detail perusahaan mulai dari kondisi keuangan, pendanaan yang diterima, lokasi kantor pusat, hingga nama pendirinya. Bagi Anda pelaku bisnis startup, wajib banget untuk mengakses website ini.
Didirikan pada bulan Juni 2005, TechCrunch dan jaringan situs webnya sekarang berhasil menjangkau lebih dari 12 juta pengunjung unik dan menarik lebih dari 37 juta tampilan halaman setiap bulannya. Komunitas TechCrunch sendiri telah mencapai lebih dari 2 juta pengguna mulai dari Twitter, Facebook, LinkedIn, Google, dan media sosial lainnya.
Pada tahun 2011, TechCrunch sempat dituduh melakukan pelanggaran etika yang membuat pendirinya, Michael Arrington, keluar dari perusahaan. Untungnya, perusahaan dapat bangkit kembali, dan tetap memberikan informasi teknologi yang hebat bagi pembaca setianya.

4. Tech Radar

TechRadar masuk ke dalam daftar website terpercaya, karena keakuratannya dalam memberikan berita terbaru terkait laptop, smartphone, TV, Gaming PC, dan ulasan produk teknologi sehari-hari lainnya. Situs website ini sangat memudahkan pembaca karena berita sudah dikategorikan secara rapi, bahkan informasi bisa disaring sesuai dengan merek yang mereka suka. Fitur utama TechRadar lain adalah adanya konten produk berdasarkan negara, sehingga pembaca dapat melihat produk teknologi yang spesifik untuk suatu negara tempat produk diluncurkan dengan penawaran tertentu.
Berdiri tahun 2008, TechRadar merupakan publikasi online milik Future plc, salah satu penerbit kelas kakap asal Inggris. Berita-berita pada TechRadar didukung oleh tim editor yang tersebar di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan India. TechRadar memiliki tim jurnalis terbaik yang mengulas setiap produk dengan relevan, cermat dan akurat.

5. Gizmodo

Gizmodo menjadi salah satu website favorit yang layak dikunjungi setiap hari, karena situs ini menyajikan informasi teknologi sekaligus menghibur. Diluncurkan tahun 2002 sebagai bagian dari Gawker Media, sekarang Gizmodo menjadi situs unggulan Gizmodo Media Group. Situs ini sering menjadi rujukan informasi para pecinta teknologi untuk diulas kembali dengan gaya bahasa mereka sendiri.
Dengan gaya bahasa yang ringan dan jujur, Gizmodo memadukan unsur teknologi, design, sains dan fiksi ilmiah pada setiap artikelnya. Situs yang dimiliki oleh Fusion Media Group Univision ini, mengulas produk perangkat yang dapat digunakan sehari-hari seperti permainan / games, ponsel, TV, smartphone, hingga acara dan film terbaru. Bagi Anda pecinta luar angkasa, Gizmodo juga selalu memberikan update informasi penemuan-penemuan meteor, komet, bintang, dan galaksi yang seru untuk disimak.

6. CNET

CNET didirikan pada tahun 1994 oleh Halsey Minor dan Shelby Bonnie, memposisikan dirinya sebagai website satu atap dalam memberikan informasi teknologi. Situs teknologi ini sangat membantu para pembaca yang seringkali dibuat bingung dengan begitu banyak fitur dari produk-produk tertentu. CNET menyusun artikel produk berdasarkan kategori terbaik hingga terburuk sesuai kebutuhan pembaca, dengan ulasan yang komprehensif.
Website ini memiliki fitur ‘Versus’ untuk membandingkan produk serupa agar pembaca bisa mendapatkan gambaran sederhananya. Pembaca juga dapat melihat harga masing-masing produk dari situs e-commerce yang berbeda. Tidak heran, jika CNET mendapat tempat di hati para pembaca karena membantu mereka untuk memproses informasi dengan lebih cepat dan efisien.
CNET memberikan penghargaan kepada produk yang telah mendapatkan predikat “Pilihan Editor” atas kualitas, desain, dan kinerja produknya. Ini menjadi ajang bergengsi yang banyak diburu perusahaan-perusahaan penyedia teknologi untuk meningkatkan brand awareness dan tetap kompetitif dalam berinovasi.

Bagaimana? Enam website rekomendasi dari Metrocom ini dijamin tidak akan membuat Anda bosan mendapatkan perkembangan informasi teknologi setiap hari. (Jess/Ita)

Leave a Comment