Improve Pengetahuan & Skill Technical Bersama Metrocom Jaddi Technology

Skill dan pengetahuan adalah faktor penentu yang membuat seseorang dapat dengan mudah untuk survive di dunia kerja. Skill adalah sesuatu yang dapat diraih melalui pelatihan dan kemampuan dasar yang dimiliki seseorang dan dapat digunakan untuk memperoleh nilai atau keuntungan.

Sementara itu pengetahuan adalah berbagai informasi yang secara sadar diketahui oleh seseorang. Selama Bekerja di MJT saya sangat merasakan perkembangan pengetahuan dan skill tersebut, khususnya pengetahuan dan skill dalam dunia kerja.

Metrocom Jaddi Technology adalah tempat pertama saya bekerja dan mengisi posisi technical analyst pada delivery team. Sebagai seorang fresh graduate saya sangat bersyukur dapat menggali ilmu dan skill di MJT serta mendapat dukungan dari seluruh rekan kerja.

Adapun gambaran pekerjaan sebagai technical analyst khususnya odoo developer adalah melakukan customize module odoo sesuai dengan kebutuhan klien, bahasa ringannya adalah kita adalah programmer odoo.

Tahun-tahun awal bekerja adalah masa-masa yang sulit jika kita tidak mampu survive dengan baik. Terlebih lagi jika kita mengisi posisi technical yang sangat membutuhkan skill dan pengetahuan yang baik.

Hal yang harus dimiliki seorang fresh graduate

Bagi saya ada 4 hal yang harus dimiliki seorang fresh graduate di bidang technical analyst (odoo developer) agar bisa untuk survive di dunia kerja, diantaranya adalah:

  • Mudah beradaptasi

Adaptasi awal sangat dibutuhkan khususnya bagi fresh graduate yang sebelumnya tidak pernah merasakan kehidupan dunia kerja.

Memahami budaya kerja perusahaan adalah salah satu langkah awal adaptasi yang dapat dilakukan, serta juga mesti memahami kepribadian masing-masing rekan kerja agar dapat berbaur dengan cepat.

  • Memiliki sifat curious

Sifat curious atau rasa penasaran harus dimiliki bagi seorang technical. Sifat ini yang akan mempengaruhi perkembangan skill dan pengetahuan bagi technical kedepannya.

Tanpa sifat ini seorang technical akan sulit berkembang karena setiap tahun teknologi terus berkembang dan ilmu technical kita juga harus dikembangkan. Sifat ini juga mampu menumbuhkan inovasi dalam diri seseorang yang membuat seseorang lebih kreatif dan aktif.

  • Responsible

Seorang fresh graduate juga harus memiliki sifat responsible atau tanggung jawab yang baik. Tanggung jawab pada tugas dan kewajiban yang dimiliki sangat bermanfaat dalam pekerjaan tim yang membutuhkan koordinasi yang kuat.

Sifat tersebut akan mampu meningkatkan kepercayaan rekan kerja kepada kita dan juga mampu mengarahkan pekerjaan agar sesuai timeline yang ditentukan.

  • Berani mencoba

Seorang fresh graduate juga harus memiliki sifat responsible atau tanggung jawab yang baik. Tanggung jawab pada tugas dan kewajiban yang dimiliki sangat bermanfaat dalam pekerjaan tim yang membutuhkan koordinasi yang kuat.

Sifat tersebut akan mampu meningkatkan kepercayaan rekan kerja kepada kita dan juga mampu mengarahkan pekerjaan agar sesuai timeline yang ditentukan.

Sifat-sifat yang tersebut diatas akan mampu membawa seorang junior technical analyst dapat berkembang dengan baik.

Pada dasarnya sebagai seorang junior kita harus aktif untuk menggali ilmu-ilmu yang ada serta tidak sungkan untuk bertanya kepada coach atau senior yang sudah berpengalaman.

Sekilas perjalanan dalam project

Pada saat memasuki bulan kedua bekerja di MJT sebagai seorang junior technical analyst saya langsung terjun pada project di Pelni Logistics ERP system dan Mycargoo.Sebagai seorang yang baru terjun ke dunia programmer pasti akan merasakan sedikit beban bagi saya.

Namun sebagaimana saya sebutkan diatas bahwa kita mesti berani mencoba dan menjadikan beban tersebut sebagai challenge tersendiri bagi diri kita. Terjun ke project secara langsung akan memiliki sisi positif dan negatif tersendiri.

Sisi positifnya skill dan pengetahuan saya tentang odoo developer berkembang secara baik, memperoleh ilmu accounting yang sangat menarik dan juga meningkatkan kemampuan problem solving.

Sisi negatifnya adalah sering bertemu error dalam program yang dibuat serta sering stack pada case-case yang sulit.

Project selanjutnya adalah BSM (Botani square mall) yaitu tenant management. Sisi positif yang diperoleh pada project pertama memberikan manfaat tersendiri untuk project kedua.

Tidak banyak ditemukan error dan bug yang membuat proses development stack di tengah jalan. Tenant management adalah module yang di custom sendiri oleh MJT team yang membantu user untuk menjalankan accounting di bidang penyewaan unit dengan sistem cicilan.

Pada masa-masa ini saya sangat merasakan perkembangan skill development dibandingkan pada masa awal di MJT.

Hal dasar untuk menjadi Odoo Developer (Technical Analyst)

Technical Analyst atau Odoo Developer salah satu pekerjaan yang cukup dicari saat ini. Ada beberapa hal yang dapat dikuasai agar mampu menjadi seorang technical analyst diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bahasa pemrograman Python

Python adalah bahasa utama yang digunakan dalam odoo. Bahasa ini relatif mudah untuk dipelajari karena sangat mirip dengan bahasa manusia sehingga kita dapat terjemahkan logika kita dengan cepat pada bahasa yang satu ini.

Bahasa ini juga sangat nyaman digunakan oleh para pemula di dunia programmer.

  • Menguasai XML, HTML, dan Javascript

Secara umum odoo menggunakan XML untuk bahasa markup. Istilahnya xml ini digunakan untuk front-end dari odoo kemudian ada HTML yang digunakan untuk custom report pdf odoo dan javascript untuk fitur web di odoo.

  • Problem-solving

Kemampuan memecahkan masalah sangat dibutuhkan untuk mencari solusi optimal dari kebutuhan klien. Kemampuan ini mampu mendukung dalam bekerja sebagai seorang programmer atau odoo developer.

  • Mengetahui konsep accounting

Kemampuan ini hanya kemampuan pendukung bagi odoo developer. Odoo tersendiri adalah sistem ERP yang berhubungan langsung dengan accounting, jika seorang developer memiliki wawasan tentang accounting akan jauh lebih baik dalam develop module odoo nantinya.

‎Itulah sekilas artikel tentang dunia technical yang penuh bug ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca. Secara keseluruhan MJT adalah rumah untuk tumbuh dan berkembang bersama dengan suasana kantor yang selalu dikenang oleh setiap insan MJT, cukup sekian dan terima kasih.

--

Seperti itulah kesan dari salah satu rekan kami yang telah mengukir perjalanan bersama Metrocom Jaddi Technology. Pengalaman tersebut ditulis secara langsung oleh Devin P. (dvn/awg)

Cari Tahu Apa Saja Manfaat Customer Data Platform (CDP) Bagi E-Commerce