Kisah Technical Writer yang Juga Quality Assurance, Lalu Belajar Jadi Functional Analyst

Saya bergabung dengan Metrocom Jaddi Technology pada bulan Januari 2021, jadi sudah 1 tahun 3 bulan saya bekerja di MJT. Diterima di MJT pertamanya sebagai Technical Writer (TW). Tapi, di role staff title resminya sebagai Quality Assurance & Technical Writer (QA & TW).

Ternyata dalam waktu setahun saya sudah berkesempatan nyoba sebagian tugas Functional Analyst (FA), kok bisa?

Tugas seorang Quality Assurance & Technical Writer 

Oke, disini saya akan jelaskan dulu job desc QA & TW tuh apa aja sih? Job desc TW itu intinya mendokumentasikan dan meringkas bahasan teknis setiap progress dan laporan proyek, agar dapat dipahami oleh berbagai kalangan user.

Seperti membuat MoM (Minutes of Meeting) saat meeting dengan client, membantu BA (Business Analyst) untuk membuat dokumen solution blueprint, ketika proyek berjalan membantu FA untuk membuat FSD (functional specification document), lalu setelah proses development selesai saya juga menjalankan role kedua sebagai QA dengan melakukan test aplikasi, membuat test case SIT (System Integration Test), UAT (User Acceptance Test), serta mendokumentasikan screen capture yang nantinya akan diberikan kepada client.

Setelah SIT, saya juga ikut dengan BA/FA untuk UAT bersama user, disini tugas saya mencatat request user, membuat form absensi dan support user jika user ada kendala untuk menjalankan aplikasi Odoo.

Kesempatan yang tak terbatas

Ternyata karena dinilai mampu, saya pun diberi kesempatan untuk mengenal Odoo lebih baik lagi dengan diberikan pelatihan serta arahan oleh BA/FA untuk melakukan pekerjaan diluar role saya! Disini, saya juga membantu FA dan BA untuk setting Odoo, cleansing, review serta import master data.

Oh ya! Ilmu yang didapat saat setting Odoo, dan review data itu banyak banget lho. Jadi bisa paham Odoo dan logikanya dapet dikit2, walau belum master hehehe…

Setelah proses development selesai pun, saya juga diberikan kesempatan lagi yaitu menggantikan FA dalam membantu BA untuk memberikan training kepada user, mengajarkan cara menggunakan Odoo, serta membantu user jika ada kendala terhadap Odoo.

Mengikuti training ini juga asyik lho, saya bisa melihat beberapa karakter dari beberapa orang, mendapat masukan mengenai Odoo dan kadaaaang jadi temen curhat user nya juga xixixi.

Kesan bersama Metrocom Jaddi Technology

So far, selama 1 tahun 3 bulan ini di MJT dengan berbagai kesempatan belajar yang diberikan dan rekan kerja yang sangat helpful ini cukup membantu saya untuk mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat. Thank You MJT! :*

*Note: tapi kalau semua role dikerjakan berbarengan dan lebih dari 1 project, cukup bisa buat megang kepala seharian (baca: pusiiing bgttt) hahaha…

--

Seperti itulah kisah dari salah satu rekan kami yang sedang berproses dan bertumbuh bersama Metrocom Jaddi Technology. Pengalaman tersebut ditulis secara langsung oleh Rizki Nurdian U. (dn/awg)

Hilangkan Data Silos dengan Solusi ERP