Memotivasi Pelanggan dengan Gamification? Memangnya Apa itu Gamification?

Saat ini, sebagian besar dunia bisnis dibangun di atas sistem reward yang dirancang untuk memotivasi pelanggan agar mengambil tindakan yang mendukung tujuan tertentu.

Motivasi melibatkan interaksi antara seseorang dan suatu tugas, dalam situasi dan waktu tertentu. Tetapi, seseorang membutuhkan faktor eksternal yang mendukung agar dapat termotivasi, seperti halnya mendapat sebuah reward jika sudah melaksanakan sesuatu.

Adanya hubungan erat antara motivasi dan reward ini menimbulkan pertanyaan. Apakah berarti sebuah bisnis dapat memotivasi pelanggan dengan gamification? Sebelum menjawab pertanyaan itu, sebenarnya apa itu gamification?

Apa itu gamification?

Gamification adalah proses strategis untuk memasukkan mekanisme game ke dalam pengalaman digital apa pun untuk meningkatkan aktivitas pengguna dan mendorong keterlibatan dan loyalitas.

Dibutuhkan data pengguna, pelanggan, penggemar, dan karyawan untuk mengubahnya menjadi perilaku yang dapat ditindaklanjuti untuk mendukung tujuan bisnis. ‎

Apa yang dilakukan gamification?

Di era digital saat ini, menarik perhatian orang adalah salah satu hal tersulit yang harus dilakukan, namun sangat penting untuk kelangsungan bisnis.

Alih-alih menggunakan strategi konvensional, banyak perusahaan saat ini lebih memilih menggunakan mekanisme gamification. Beginilah caranya mereka menggunakan gamification:

  • Mereka menggunakan data untuk membuat perjalanan pengguna gamified yang mendukung tujuan bisnis
  • Mereka dengan cerdik memanfaatkan mekanisme permainan untuk mempengaruhi perilaku yang diinginkan
  • Mereka menghargai perilaku yang memiliki dampak positif langsung pada tujuan bisnis

Bagaimana gamification dapat memotivasi pelanggan?

Bisa dibilang jawabannya adalah dengan reward. Sebuah perusahaan biasanya menggunakan reward untuk memotivasi pelanggan, dalam bentuk kartu hadiah, uang, barang dagangan, diskon. Ini cukup mirip dengan sistem gamification.

Gamification di sisi lain, memiliki kekuatan untuk memastikan keterlibatan yang berkelanjutan dengan membuat pengalaman lebih intrinsik. Gamification menggunakan reward extrinsic seperti lencana, poin, barang fisik atau virtual untuk menarik pelanggan dalam pengalaman keterlibatan.

Kemudian sistem gamified yang baik akan mengalihkan minat pengguna melalui intrinsic rewards seperti progress bars, notifikasi, dan status sosial di leaderboards; dan akhirnya akan menggunakan motivator intrinsik untuk memastikan keterlibatan jangka panjang pengguna.

--

Jika Anda sedang mencari solusi alternatif untuk memotivasi pelanggan Anda, sistem gamification patut Anda coba. Gamification menawarkan pengalaman menarik bagi pelanggan Anda.

Terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca artikel kami yang berjudul “Memotivasi Pelanggan dengan Gamification? Memangnya Apa itu Gamification?”. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa meninggalkan komentar ataupun membagikan artikel ini kepada rekan Anda.

Metrocom Jaddi Technology sebagai perusahaan konsultan IT yang menyediakan solusi enterprise yang dapat membantu dan memberi solusi dalam menghadapi masalah bisnis/perusahaan Anda. Jika ingin menghubungi kami atau sekadar berkonsultasi mengenai Gamification atau solusi untuk bisnis Anda yang lainnya, cukup klik di sini (awg/awg)

Kisah Technical Writer yang Juga Quality Assurance, Lalu Belajar Jadi Functional Analyst