Mengapa Apple Bisa Sukses? Ini 5 Alasannya!

Siapa yang tidak tahu Apple? brand ikonik dengan logo buah apel yang digigit di salah satu sisinya ini sudah dikenal sebagai brand yang selalu sukses dan menjadi top of mind. Apple yang ditemukan pada tahun bulan April tahun 1976 oleh Steve Wozniak, Ronald Wayne, dan Steve Jobs bahkan masih sukses sampai sekarang. Kira-kira apa alasan mengapa Apple bisa sukses sampai sekarang?

Daripada penasaran, ini dia 5 alasan mengapa Apple bisa sukses sejak dahulu sampai sekarang yang mungkin Anda bisa tiru dan implementasikan pada bisnis Anda:

1. Mencuri start

Apple selalu berhasil mencuri start setidaknya 2 tahun dari tren pasar. Dibandingkan pesaing-pesaingnya, Apple dapat merilis produk yang bisa mendominasi pasar beberapa tahun ke depan. Prinsip untuk selalu menjadi yang terdepan dalam persaingan dengan merancang dan memproduksi produk yang akan dirilis beberapa tahun ke depan berhasil membuat Apple berbeda.

Seperti yang dibicarakan di berbagai film dokumenter dan buku, Apple selalu menghargai kreativitas, itulah sebabnya produknya, meskipun dikonseptualisasikan bertahun-tahun di masa lalu, produk Apple tidak terasa outdated walau mereka mampu merilis produk terkait lebih dahulu. Raksasa teknologi seperti Apple yang begitu berdedikasi pada produk dan visi mereka adalah salah satu alasan terbesar mengapa persaingan mereka selalu ketat dan sukses dibanding perusahaan lain.

2. Branding dan inovasi

Apple tidak pernah merilis produk dengan asal-asalan tanpa inovasi. Setiap produk baru yang dirilis pasti ada beberapa teknologi baru yang diimplementasikan yang tidak ada pada model produk sebelumnya. Contohnya fitur kamera yang selalu ada peningkatan seperti pembaruan sensor.

Bukan hanya fitur kamera, bisa jadi dalam sistem operasi, desain, atau bahkan warna baru yang dirilis. Bahkan warna baru ini saja bisa membuat orang mau mengantre berjam-jam. Mengapa bisa? Branding adalah jawabannya. Branding yang berkarakter mampu dibangun oleh Steve Jobs dan Apple sejak dahulu sampai sekarang.

3. Produk berkualitas

Tujuan Apple dalam membuat produk adalah keindahan dalam kesederhanaan. Selain desain yang elegan, sangat penting bagi mereka bahwa produk mereka harus mudah digunakan untuk semua kelompok umur dan audiens. Anda bisa melihat pada rentan umur pengguna produk Apple dari yang muda sampai lanjut usia. Obsesi Apple untuk dapat membuat produk yang sempurna membuat mereka hampir tidak memiliki masalah serius ditemukan di produknya.

Apple bahkan menguji produknya ratusan kali sebelum akhirnya disetujui untuk diproduksi dan bisa dirilis. Anda sebagai pengguna Apple juga hampir tidak pernah mengeluhkan masalah umum seperti aplikasi yang crash, serangan malware, atau pop-up yang sering mengganggu, karena desain dan pemrograman Apple hampir sempurna. Setiap teknologi yang ada saat ini yang mereka optimisasikan berkali-kali lipat agar dapat merilis produk yang berkualitas.

4. Customer experience

Customer experience/layanan pelanggan mereka hampir tiada tandingannya. Alasan kesuksesan besar Apple dalam penjualan selama bertahun-tahun tidak hanya pada kemampuan menarik pelanggan baru tapi juga lewat memelihara pelanggan lama, salah satunya lewat layanan pelanggan.

Demi membuat seluruh pelanggan senang, Apple telah membuka lebih dari 460 toko ritel di seluruh dunia pada tahun 2015 untuk memanjakan layanan pelanggan mereka.

5. Variasi produk

Apple secara konsisten merilis produk dengan banyak variasi selama bertahun-tahun, mulai dari ponsel, laptop, jam tangan, dan banyak lagi. Produk yang bervariasi ini membebaskan pelanggan memilih beberapa produk yang cocok baginya.

Sebenarnya, masih ada banyak produk yang masih dapat mereka tinjau dan buat, apalagi pelanggan selalu menunggu produk baru yang dikeluarkan oleh Apple karena mereka dapat membuat produk lebih baik dari pesaingnya.

--

Melihat 5 alasan ini, tampaknya peran Apple dalam industri ini tidak terkalahkan. Apple memang selalu mengingkan kesempurnaan, walau itu tidak pernah sepenuhnya tercapai, dan selalu ada ruang untuk perbaikan. Oleh karena itu, bisa dibilang Apple akan selalu bisa meraih kesuksesan dalam jangka yang lama dengan selalu memperbaiki kesalahannya. (awg/awg)

5 Ide Bisnis dengan Modal Kecil di Tahun 2022