Satu Tahun Berjuta Makna Bersama Metrocom Jaddi Technology

Bekerja sama dengan banyak partner aplikasi, menciptakan produk, melayani konsultasi dan pengembangan sistem IT merupakan nilai yang kami tawarkan kepada client kami.

Selalu berkontribusi aktif pada seluruh kegiatan yang diadakan oleh para partner dan selalu berusaha beradaptasi membuat saya yakin bahwa MJT akan selalu berkembang.

Sebagai seseorang freshgraduate, pastinya saya mencari tempat kerja yang suportif untuk dapat meningkatkan kemampuan saya dengan memberikan dampak positif pada sekitar. Saya dapat pastikan MJT adalah tempat yang tepat.

Hanya dalam satu tahun menjadi functional analyst di MJT saya mendapatkan hal-hal menarik:

  1. Menjalankan lebih dari 2 (dua) project dengan bidang yang berbeda.
  2. Membantu kegiatan sertifikasi.
  3. Membantu dalam mengkonsep alur partnership perusahaan.
  4. Mengikut Kick Off Yearly Meeting Metrocom Global Solution dan Metrocom Jaddi Technology.

MJT memberikan saya banyak kesempatan untuk belajar, baik saat bergabung sebuah project maupun belajar dari pengalaman teman-teman disekitarnya. Memiliki teman-teman yang memiliki background pengalaman dan sifat yang berbeda-beda membuat saya belajar akan pentingnya belajar memposisikan diri dan berdiplomasi baik dalam tim maupun ke pihak luar.

Cerita dalam project

Satu tahun bekerja di Metrocom Jaddi Technology saya telah mengikut lebih dari 2 (dua) project. 2 (dua) Project pertama saya adalah implementasi sistem HRIS dan pengembangan sistem tenant pada suatu mall. Saya ingin sedikit cerita mengenai pengalaman-pengalaman baru saya dalam menjalankan project bersama MJT.

Project implementasi sistem HRIS adalah project pertama saya disini. Pada project ini saya bertugas untuk membuat dokumen Business Blueprint, Functional Specification Document, dan Minutes of Meeting. Meskipun disini terlebih overlap tapi tidak apa-apa, kita anggap saja untuk pembelajaran. Hal yang baru saya lakukan pada project ini adalah integrasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo yang kami kembangkan dengan aplikasi Software as a Services (SaaS) untuk mendapatkan data kehadiran, tugas, dan cuti karyawan.

Project kedua saya yaitu pengembangan dan implementasi sistem tenant management pada suatu mall. Ini adalah salahsatu pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Dimana ini kali pertama saya ikut bergabung dalam project sistem Mall. Hampir dari 80% kebutuhan klien kita lakukan pengembangan kembali, diluar sistem default. Hal ini menjadi tantangan buat kami semua, dimana tantangan terbesarnya adalah memahami dan mengimplementasi proses bisnis kebutuhan klien dalam sistem. Project ini mengharuskan kami dan klien untuk melakukan check-point. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan sistem yang telah dikembangkan telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Secara keseluruhan bekerja bersama teman-teman dengan seluruh tantangan project yang berbeda-beda sangat memberikan kesan pada karir saya.

Kembali ke konsep dasar

Sebagai functional analyst, saya bertanggung jawab menganalisa kebutuhan bisnis bersama business analyst. Selanjutnya dari poin-poin kebutuhan bisnis saya buatkan dokumen pengembangan yang dibutuhkan untuk bagian yang tidak terakomodasi dalam sistem default.

Mengetahui konsep dasar sebuah sistem ERP mulai dari tujuan, kebutuhan, hingga alur proses bisnis sistem saat masih berkuliah, telah membantu saya dapat lebih cepat mengusai sistem yang kami kembangkan.

Dari semua yang saya lakukan, saya menyadari betapa pentingnya kita menguatkan konsep awal sebuah sistem ERP. Menurut saya sistem ERP mungkin tidak serumit aplikasi mobile dan lainnya dalam segi fitur, tetapi cukup kompleks dalam mengakomodir pencatatan suatu proses bisnis perusahaan.

Pentingnya belajar akutansi

Melanjutkan pada bagian sebelumnya, selain pentingnya belajar programming saya merasa juga kita sebagai impelemtator dan konsultan penting untuk belajar akuntasi.

Mengapa perlu memahami akutansi? Bisa kita lihat, seluruh proses bisnis perusahaan dalam bidang yang berjalan pada suatu modul pastinya akan berumara pada perhitungan finansial atau akutansi. Hal tersebut terjadi karna adanya kebutuhan perusahaan untuk melihat cash flow dan laba rugi yang terjadi dalam berjalannya bisnis mereka.

Di MJT seluruh karyawan memiliki kesempatan yang sama untuk belajar Akutansi, mulai dari programmer, analyst, hingga project manager. Kami sering sekali mengadakan sekali pelatihan, seperti presentasi konsep dasar akuntansi hingga menguhi peserta dengan soal-soal yang telah disiapkan. Pelatihan tersebut telah mengajarkan saya mengenai proses pencatatan penjualan suatu transaksi perusahaan.

Disamping pelatihan, terdapat beberapa teman di MJT yang sudah mahir dalam akutansi membuat kita semua tidak perlu khawatir jika ada kendala.

Memiliki kemampuan programming sangat membantu

Mungkin sebagian dari teman-teman saya menganggap sebagai functional analyst tidak perlu atau bisa programming, menurut saya itu benar. Tetapi jika temen-teman sekalian memiliki pemahan mengenai cara dan alur pengembangan aplikasi yang kalian kembangan, itu akan sangat baik.

Untuk pengembangan sistem ERP sendiri menurut saya temen-temen setidaknya mengetahui relasi apa yang dibutuhkan pada suatu fungsi, seperti Many2One, Many2Many atau One2Many. 3 (tiga) relasi itulah yang nantinya sering digunakan dalam sebuah pengembangan sistem ERP. Selain itu saya rasa temen-temen butuh sedikit mengetahui komponen penyusun aplikasi tersebut, seperti bahasa pemograman dan lain-lain.

Secara keseluruhan bekerja di Metrocom Jaddi Technology telah memberikan saya kesempatan untuk berkembang, baik berkembang secara softskill maupun hardskill. Pekerjaan yang kami lakukan di MJT melintasi hampir semua industri dan fungsi di Indonesia. Budaya kerja dan fasilitas di MJT membantu saya dalam berakselerasi di dunia kerja dan tumbuh menjadi pemimpin masa depan. Bekerja untuk mendorong masa depan karir dan membantu banyak perusahan adalah sesuatu nilai yang tidak dapat dibayar dengan apapun.

--

Seperti itulah kesan dari salah satu rekan kami yang telah mengukir perjalanan bersama Metrocom Jaddi Technology. Pengalaman tersebut ditulis secara langsung oleh Aufar Ilham A. (auf/awg)


Why Join Metrocom Jaddi Technology?